fbpx

Bisnis jaringan tidak sama dengan Multi Level Marketing. Walaupun sama sama menggunakan skema jaringan.

Bisnis konvensional perdagangan dan jasa pun menggunakan jaringan pemasaran. Mulai dari Pabrik, suplier, dsitributor, agen dan reseller/pengecer.

Bisnis konvensional atau Single Level Marketing adalah bisnis yang pemasarannya satu tingkat. Anda dapat keuntungan dari penjualan pribadi Anda ke reseller atau pemakai langsung. Contoh : Anda jual ke B. Anda dapat untung dari B. Jika B menjual ke C, maka B yang dapat keuntungan dari C. Jadi jumlah keuntungan Anda tergantung jumlah reseller yang Anda rekrut. Semakin banyak reseller, semakin banyak pula omzet dan keuntungan untuk Anda. Sistemnya “matahari”, artinya Anda bebas merekrut dan tidak diatur sistem kaki/line. Lihat gambar di bawah.

Single Level Marketing

Sedangkan di bisnis jaringan multi level marketing, Selain Anda mendapatkan keuntungan penjualan sendiri Anda mendapatkan komisi/bonus dari jaringan downline Anda. Contoh : jika Anda merekrut A, A merekrut B, B merekrut C, C merekrut D. Maka omzet Anda berasal dari D naik ke C, Total Omzet C naik ke B,Total Omzet B naik ke A dan total Omzet A jadi omzet Anda. Untuk menghindari jebolnya pembayaran bonus maka di atur sistem index, binari/trinari (kaki/line kiri & kaki/line kanan). Bonus Anda tergantung keseimbangan kaki/line member downline Anda. Walaupun besar jika omzetnya hanya dari 1 kaki/line, Anda tidak dapat bonus. Beberapa MLM memberikan bonus generasi tetapi sangat kecil. Lihat gambar di bawah.

Multi Level Marketing

Salah satu penyebab banyak trauma dengan MLM terutama sistem binari/trinari karena walaupun omzet dan yang direkrut banyak tetapi karena berada di satu jalur, mereka tidak mendapat bonus apa apa selain bonus sponsor dan penjualan pribadi. Bonus jaringan group tidak mereka dapatkan kan karena “pincang” atau omzet kaki/linenya tidak seimbang

Omzet yang disumbangkan upline atau spill over tidaklah terlalu bermanfaat karena tetap harus memiliki omzet yang seimbang di dua jalur jika sistemnya binari/2 line. Dan tidak mudah dalam prakteknya mengetahui dan mengatur penempatan member agar nantinya bisa seimbang omzetnya. Karena tidak ada yang tahu persis perkembangan dan komitmen downlinenya.

Baca Bisnis Konvensional Single Level Marketing Plus dari B’Shine.

1
Ada pertanyaan ?
Hubungi Admin & CS kami.